Tugas Komputer Kedua


UJI ASUMSI KLASIK - SPSS

Hallo Semuanyaaaaaa :D 

         Pertemuan kali ini adalah tentang "Uji Asumsi Klasik". Menurut kalian asing ngga sih kata-kata itu ? hihihi .  Uji apakah itu ? Penasaran ??? yuk kita belajar bersama disini ^^
         Uji Asumsi Klasik ini adalah pengujian asumsi-asumsi statistik yang harus dipenuhi pada analisis regresi linear berganda yang berbasis ordinary least square (OLS). Dari sumber yang penulis baca bahwa ketika asumsi tidak terpenuhi, biasanya peneliti menggunakan berbagai solusi agar asumsinya dapat terpenuhi, atau beralih ke metode yang lebih advance agar asumsinya dapat terselesaikan.  
         Oh ya guys Uji Asumsi Klasik ini banyak loh macam-macamnya. Apa aja yaaa kira-kira ?? :D
Nah, Uji Asumsi Klasik ini ada 6 macam pengujian yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Linearitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, dan Uji Autokorelasi. Banyak juga ya :D 
         Pada penulisan ini, Asumsi Klasik yang akan kita pelajari yaitu Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas dulu ya :) . Langsung aja yuk kita mulai ...
  
1. Uji Normalitas , uji ini dilakukan untuk melihat apakah nilai residual terdistribusi normal atau tidak.
2. Uji Multikolinearitas, uji ini dilakukan untuk melihat ada atau tidaknya korelasi yang tinggi antara variabel-variabel bebas.
3. Uji Heteroskedastisitas, uji ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat ketidaksamaan varians dari residual satu ke pengamatan yang lain.

         Sebelum melakukan Uji Asumsi Klasik di SPSS, masih inget kan tentang materi SPSS yang sebelumnya udah kalian baca :) . Jadi ketika kita akan melakukan pengujian ini, ada beberapa langkahnya loh.. yang pertama adalaaaaahhh ....
1. Membuat data terlebih dahulu yang mewakili variabel bebas dan variabel terikat pada Microsoft Excel . Kali ini judulnya  tentang "Pengaruh Umur Siswa dan Jenis Kelamin terhadap Nilai Siswa"

 
 2. Setelah membuat data pada microsoft excel adalah membuka program SPSS yang kemudian seperti biasa dituliskan pada Variable View (Siswa, Jenis Kelamin, Umur, dan Nilai Siswa).

 
3. Selanjutnya , kembali ke Microsoft Excell dan mengcopy datanya, kemudian disimpan pada SPSS kembali tetapi pada bagian Data View yaa jangan lupa!



 

Setelah semua data sudah berada di SPSS, penulis akan menjabarkan langkah-langkah untuk Uji Asumsi Klasik ini .. yuuuuuk ikuti lagi langkahnya :D
1.Masih pada Data View ya , setelah itu kita pilih Analyze >> Regression >> klik Linear

 
 2. Pindahkan Nilai Siswa ke Dependent (Variabel Terikat). Kemudian pindahkan Umur Siswa dan Jenis Kelamin ke Independent (s) lalu klik Statistics kemudian centang Estimates, Model fit, R squared change, dan Collinearity diagnostics. Lalu klik Continue. 


 3. Kemudian masih tetap di Linear Regression ya, klik Plots dibawah Statistics tadi kemudian pindahkan *SRESID ke Y dan *ZPRED Ke X lalu centang Normal probability plot lalu klik Continue.

 
 4. Kemudian klik  Options, dan dapat dilihat kolom Entry : 0.05. Tidak ada perubahan yang dilakukan disini. Dan klik Continue.

5. Setelah semua dilakukan maka langkah selanjutnya adalah klik OK.


6. Kemudian akan muncul semua datanya pada Output SPSS . 

 

Setelah itu baru kita mengujinya :)

Pertama yaitu Uji Normalitas . Untuk di Uji Normalitas ini dianalisis melalui grafik Normal P-Plot dan model lulus uji ini adalah ketika jika titik-titik berada disepanjang garis (tidak terputus, tidak berada jauh dari garis). Model yang lulus Uji Normalitas  adalah model dengan data yang terdistribusi normal.
 
         Hasilnya adalah titik-titik pada grafik mengikuti garis diagonal dan tidak berada jauh dari garis. Sehingga data pada model ini lulus Uji Normalitas.
Kedua yaitu Uji Multikolinearitas. Pada uji ini dianalisis melalui tabel Coefficients kolom "Tolerance" dan "VIF". Model lulus uji ini jika nilai "Tolerance" lebih besar dari 0,1 (Tolerance > 0,1) dan nilai "VIF" lebih kecil dari 10 (VIF < 10).  Model yang lulus Uji Multikolinearitas adalah model yang tidak memiliki korelasi yang tinggi antar variabel bebasnya.


         Hasil dari tabel Coefficients di dapat bahwa :
Variabel Umur Siswa memiliki nilai Tolerance = 0,689. Variabel Jenis Kelamin memiliki nilai Tolerance = 0,689. Nilai Tolerance > 0,1 dan Nilai VIF antara keduanya adalah = 1,451. Nilai VIF < 10 . Sehingga, variabel umur siswa dan jenis kelamin lulus uji multikolinearitas.

Ketiga yaitu Uji Heteroskedastisitas. Pada uji ini dianalisis melalui grafik Scatterplot. Model lulus uji ini jika titik-titik pada grafik tidak membentuk suatu pola tertentu yang teratur dan titik titik pada grafik menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Model regresi yang lulus Uji Heteroskedastisitas adalah model yang tidak memiliki gejala heteroskedastisitas.

         Hasil dari grafik Scatterplot ini adalah titik-titik pada grafik menyebar  dan tidak membentuk suatu pola tertentu serta berada di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y. Sehingga model regresi ini lulus Uji Heteroskedastisitas.


Selesai sudah semua langkah-langkahnya :) Masih bingung ? nggak kan :D Ini Tugas kedua komputer mengenai Uji Asumsi Klasik dari Dosen muda loh yang kemarin penulis sebutkan namanya :D . Semoga bermanfaat ya!  Danke schön ^^



 

Komentar

  1. I have been on blog Sites for a while now and today I felt like I should share my story because I was a victim too. I had HIV for 6 years and I never thought I would ever get a cure I had and this made it impossible for me to get married to the man I was supposed to get married to even after 2 years of relationship he broke up with me when he found out I was HIV positive. So I got to know about Dr. Itua on Blog Site who treated someone and the person shared a story of how she got cured and let her contact details, I contacted Dr. Itua and he actually confirmed it and I decided to give a try too and use his herbal medicine that was how my burden ended completely. My son will be 2 soon and I am grateful to God and thankful to his medicine too.Dr Itua Can As Well Cure The Following Disease…Alzheimer’s disease,Bechet’s disease,Crohn’s disease,Parkinson's disease,Schizophrenia,Lung Cancer,Breast Cancer,Colo-Rectal Cancer,Blood Cancer,Prostate Cancer,siva.Fatal Familial Insomnia Factor V Leiden Mutation ,Epilepsy Dupuytren's disease,Desmoplastic small-round-cell tumor Diabetes ,Coeliac disease,Creutzfeldt–Jakob disease,Cerebral Amyloid Angiopathy, Ataxia,Arthritis,Amyotrophic Lateral Scoliosis,Fibromyalgia,Fluoroquinolone Toxicity
    Syndrome Fibrodysplasia Ossificans ProgresSclerosis,Seizures,Alzheimer's disease,Adrenocortical carcinoma.Asthma,Allergic diseases.Hiv_ Aids,Herpe ,Copd,Glaucoma., Cataracts,Macular degeneration,Cardiovascular disease,Lung disease.Enlarged prostate,Osteoporosis.Alzheimer's disease,
    Dementia.Lupus.
    ,Cushing’s disease,Heart failure,Multiple Sclerosis,Hypertension,Colo_Rectal Cancer,Lyme Disease,Blood Cancer,Brain Cancer,Breast Cancer,Lung Cancer,Kidney Cancer, HIV, Herpes,Hepatitis B, Liver Inflammatory,Diabetes,Fibroid, Get Your Ex Back, If you have (A just reach him on drituaherbalcenter@gmail.com Or Whatsapp Number.+2348149277967)He can also advise you on how to handle some marital's issues. He's a good man. 

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bakteri Tanah Penghasil Antibiotik